Fitur Baru Deteksi Wajah Milik Facebook

Facebook menggunakan software pemindai muka untuk pencantuman nama di foto. Pengguna tidak perlu repot lagi mencari setiap foto yang mencantumkan wajah mereka.

Facebook mengumumkan layanan baru yang memungkinkan pemindaian foto milik teman Anda berdasarkan karakteristik wajah pengguna.

"Orang yang suka menandakan teman-teman mereka dan keluarga dalam foto, tapi kami sudah mendengar bahwa hal itu dapat menjadi proses yang membosankan"

"Anda sekarang dapat menambahkan tag hanya dengan beberapa klik langsung dari halaman situs dan bagian lain dari situs, dengan menggunakan teknologi deteksi wajah yang sama seperti di teknologi kamera. Kami menjalankan tes terbatas dari teknologi ini, "kata Sam Odio, manajer produk Facebook Foto, seperti yang diberitakan Softpedia.

Menurut Facebook, fitur deteksi wajah ini termasuk sederhana namun relatif mudah. Pada foto yang terdeteksi dapat menandai mereka hanya dengan beberapa klik.

Dimulai minggu ini, Facebook akan mulai menggunakan teknologi pemindaian wajah saat teman Anda mengunggah (upload) foto.

Jejaring sosial ini mengatakan layanan baru tersebut tidak akan mengubah pengaturan privasi yang berhubungan dengan pencantuman nama di foto.

Penguna akan tetap mendapatkan pemberitahuan jika mereka muncul di suatu foto dan dapat menghapus pencantuman nama itu di foto manapun. Ini memungkinkan pengguna mengontrol siapa saja yang bisa mencantumkan nama mereka di foto.

Beberapa pihak menyebutkan layanan ini tidak sepenuhnya otomatis. Saat mengunggah album foto, Facebook akan mulai melakukan pemindaian di semua foto. Jika ada beberapa foto yang sesuai dengan wajah maka Facebook akan mengirim pemberitahuan dan meminta konfirmasi.

Jika tidak memberi balasan maka Facebook akan mencantumkan nama di foto itu.

Meskipun begitu, pengguna tetap bisa menaruh nama teman secara manual di foto. Untuk meningkatkan keakuratan pemindaian, Facebook hanya membatasi perbandingan gambar pada foto di 30 teman yang paling sering berkomunikasi di Facebook.

Layanan ini sayangnya diragukan oleh profesor ilmu komputer di University of Massachusetts Erick Learned-Miller yang mendalami studi soal proses pembelajaran mesin dan komputer. Menurutnya, semakin besar database dan jumlah orang yang harus diidentifikasi, maka semakin besar masalah.

Facebook akan mulai mempublikasikan layanan ini dalam jumlah terbatas minggu depan (Tanggal posting ini: 17/12/2010) dan pertama kali di Amerika Serikat. Berdasarkan keterangan Facebook, lebih dari 100 juta foto diunggah setiap hari.

Sumber: inilah.com

0 Response to "Fitur Baru Deteksi Wajah Milik Facebook"

Posting Komentar

Silahkan masukkam komentar dibawah...

To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll